Tuesday, June 1, 2010

Asal Conklak


Congklak memiliki asal-usulnya di Afrika baik atau dunia Arab, tergantung pada teori sarjana Anda memilih untuk percaya. Beberapa bukti tertua ditemukan di Nasional Geografis penggalian arkeologi yang disponsori dating kembali ke 7.000 menjadi 5.000 SM di Yordania hari ini. Penggalian rumah menemukan sebuah batu kapur slab dengan dua baris paralel depresi melingkar. Tata letak dengan mudah dikenali oleh seorang arkeolog pada menggali sebagai dewan bermain Congklak. Murray, seorang sarjana mencatat, menelusuri asal-usul ke Mesir kuno Kekaisaran Umur (sekitar 15 sampai abad 11 SM). Banyak ahli menduga bahwa Congklak mungkin sebenarnya papan permainan tertua yang pernah.
Tulisan-tulisan paling awal tercatat menggambarkan permainan ditemukan dalam referensi untuk Mancala dalam teks-teks religius Arab dating ke Abad Pertengahan. Beberapa ahli percaya bahwa permainan ini berasal di Timur Tengah dan menyebar dari sana ke Afrika. Kemudian, penyebaran permainan ke Asia dengan pedagang Arab dan datang ke Karibia sekitar 1640 melalui perdagangan budak Afrika. Ahli lain tempat asal-usul di Afrika Tengah.
Saat ini, permainan ini dikenal dengan banyak nama di seluruh dunia. Nama ini diambil dari budaya lokal dengan menggunakan kata-kata yang mencerminkan tempat permainan ini dimainkan, cara untuk menang, modus permainan dan papan atau counter digunakan. Hal ini disebut dalam bahasa Inggris sebagai Count dan TANGKAP.
Di negara-negara Arab, nama yang paling umum adalah Mancala (kata Arab yang berarti dalam bahasa Inggris "untuk bergerak"). Di beberapa negara Afrika Barat di papan depresi disebut sebagai Warri atau Awari, yang berarti rumah, sehingga memberikan nama Wari. Di Nigeria permainan ini dikenal sebagai Adi, yang juga nama biji digunakan untuk bermain game.
Karena popularitas yang meluas, para penggemar telah mengembangkan berbagai situs web mendokumentasikan berbagai versi dari permainan. Untuk daftar link yang baik untuk banyak situs-situs, lihat http://www.cs.uu.nl/ hansb ~ / d.gam / mancala.html. lain situs web yang baik, http://www.myriad-online. com / id / sumber daya / awalink.htm, 279 daftar nama-nama permainan ditemukan melalui penelitian mereka. Ketika Anda surfing melalui situs web, ini menarik untuk melihat bagaimana masing-masing negara atau budaya memiliki adat istiadat tersendiri yang berkaitan dengan pembuatan papan, yang bisa bermain, serta bagaimana dan kapan permainan ini dimainkan. Beberapa situs fitur-line versi pada permainan juga, jika Anda ingin bermain dengan penggemar lainnya di seluruh dunia.
Permainan ini sangat populer sehingga Museum British Museum Manusia menampilkan pameran Mancala, Wari dan lain Congklak papan bermain pada tahun 1997.

0 comments:

Post a Comment